RSS

RPP BAHASA ARAB BERKARAKTER

03 Apr

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Madrasah       : MA PP Ummul Qura

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab 2

Semester                  : 4 / 2013

Program                   : Bahasa

Alokasi Waktu         : 90 Menit

Standar Kompetensi : 1. Menyimak

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

Kompetensi Dasar    : 1.1 mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata.

Indikator Pencapaian Kompetensi :

1.1  Menirukan bunyi kata dalam suatu konteks tentang fasilitas umum

1.2  Mengidentifikasi kalimat dalam suatu konteks tentang fasilitas umum

1.3  Membedakan ujaran dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menirukan bunyi kata dalam suatu konteks tentang fasilitas umum
  • Siswa dapat mengidentifikasi kalimat dalam suatu konteks tentang fasilitas umum
  • Siswa dapat membedakan ujaran dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum

 

  1.  Materi Ajar
  • Fakta : 1  الوحده

 

         

برج                      منظار        المشاوة و الركاب

                              

الات الموصلات                              قصر الرئاسة

 

الوحدة (2) : فى مسجد الاستقلال

 

   

مئذنة-ساحة لموقف السيارات-حديقة –     ساحة مكشوفة – يتكون المسجد من ثلاثة أدوار

قبة-هلال- نجمة خماسية –                  الدور الأول – الدور الثانس – الدور الثالث

 قطر الهلال 3 امتار.

  • Ø Konsep

Bunyi kata, dalam suatu konteks dengan tepat tentang kota berkaitan dengan fasilitas umum 

 

  • وسيلة  ج وسائل – تسهيل ج تسهيلات – تسهيلات اجتماعية – تسهيلات عامة –

          مصلحة ج مصالح – عاصمة – برج قومي – منضار – رصيف ج ارصفة- ماش ج  مشاة –

          الات المواصلات – مبنى ج مبانى – ضخم – قصر الرئاسة – الكهرباء – غرض ج أغراض –

         سجادة ج سجاجيد .

  • شعائرالدين – مقر للعبادة – الجامع – الفلك – مجانا – رسوم دراسية – عناية – قطعة أرض – مساحة – هكتارات – ساحة – دور – حنفيات – مخصصة – ساحة مكشوفة – قطر – تعمير المسجد – أهالي جاكرتا.

 

  • Kalimat dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum

 

  • المرافق العامة هي الوسائل التي تقوم بتوفيرها الحكومة أو غيرها للناس تسهيلا لممارسة أعمالهم.

فالتسهيلات الاجتماعية يتم توفيرها لمصالحهم الاجتماعية مثل المدارس والمشتشفيات ودور العبادة.

والتسهيلات العامة يتم توفيوها لمصالح الناس جميعا, مثل الشوارع والإنارة الكهربية .

 

  • Prinsip
  • Bunyi kata, dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum
  • Kalimat dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum
  • Ujaran dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum

 

  • Prosedur
  •  1 (  في المدينة ) الوحده
  • الوحدة (2) : فى مسجد الاستقلال
  1. III.             Metode Pembelajaran

Metode sami’iyah syafawiyyah dan metode qowaid wa tarjamah

 

  1. IV.             Kegiatan Pembelajaran / Langkah – langkah Pembelajaran / Skenario
    1. A.    Pendahuluan
  • Memberikan salam dan  berdoa sebagai implementasi nilai religius
  • Mengkondisikan kelas dan pembiasaan sebagai implementasi nilai disiplin
  • Apersepsi, motivasi dan prakonsep ( guru menjelaskan sebelum masuk materi atau yang lain seperti pretest )
  • Penyampaian tujuan pembelajaran dan penjiwaan Al – qur’an
  1. B.     Kegiatan Inti

Kegiatan 1 ( 25 menit )

  • Guru menyiapkan gambar – gambar yang berkaitan dengan fasilitas umum sebagai bahan fakta untuk ditayangkan
  • Guru mengucapkan bunyi kata sesuai dengan gambar yang ditayangkan
  • Siswa menirukan bunyi kata yang diperdengarkan sebagai rasa ingin tahu ( eksplorasi)
  • Siswa secara berkelompok mencari makna kata melalui kamus untuk dibahas secara cermat, teliti, sebagai ungkapan saling menghargai ( elaborasi )
  • Secara klasikal siswa menyepakati setiap makna kata secara demokratis ( konfirmasi )
  • Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa

Kegiatan Inti 2 ( 25 Menit )

  • Guru menyiapkan kalimat / wacana tulis tentang fasilitas umum sebagai bahan untuk tayangan
  • Guru menanyangkan kalimat / wacana tulis tentang fasilitas umum
  • Siswa secara berkelompok mengamati kalimat – kalimat yang ditayangkan ( secara cermat, teliti, sebagai rasa ingin tahu ( eksplorasi )
  • Siswa mendokumentasikan / mencatat makna sebagai kalimat sesuai dengan hasil yang diamati ( secara cermat, teliti, sebagai ungkapan rasa ingin tahu ( elaborasi )
  • Secara bergiliran perwakilan kelompok membahas makna setiap kalimat ( konfirmasi )
  • Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa

 

Kegiatan Inti 3 ( 25 menit )

  • Guru menyiapkan beberapa kalimat sebagai bahan tayangan
  • Siswa menganalisa setiap kalimat secara cermat,teliti sebagai ungkapan rasa ingin tahu (eksplorasi)
  • Guru mencontohkan untuk membuat kalimat
  • Setiap siswa membuat kalimat yang berkaitan dengan fasilitas umum dan di bahas bersama dengan saling menghargai ( elaborasi )
  • Setiap siswa secara acak menyebutkan kalimat yang dibuatnya dan siswa lain menyimak ketepatan kalimat ( konfirmasi )
  • Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas jawaban siswa.

 

E. Penutup

  • Melakukan umpan balik / refleksi berupa lisan
  • Pertanyaa kepada siswa sebagai penguatan
    • Guru mengajukan pertanyaan sesuai dengan indicator
    • Guru mengingatkan materi berikutnya
    • Guru mengingatkan siswa untuk membuang sampah ke tempat sampah
    • Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan hamdallah bersama – sama dan mengucapkan salam

 

Penugasan terstruktural (PT) (10 Menit)

  • Merangkum ide pokok wacana

 

                                   Kegiatan Mandiri tidak Struktur (KMKT)

  • Membuat karya tertulis dari kosa kata yang telah dipelajari

 

 

  1. Sumber Belajar / Bahan Ajar
  • www.google.com
  • Pelajaran bahasa arab,MA Kls XI, Pengarang DR. D. Hidayat, Penerbit karya toha putra semarang hal  67 – 69

 

 

  1. VI.             Alat
  • Laptop
  • LCD

 

 

  1. VII.          Penilaian hasil belajar

 

Instrument penilaian kegiatan 1 ( mengacu ke indicator pencapaian kompetensi 1 = C1 )

  • اسمعوا جيد كرروا !

وصيلة  ج وسائل – تسهيل ج تسهيلات – تسهيلات اجتماعية – تسهيلات عامة –

          مصلحة ج مصالح – عاصمة – برج قومي – منضار – رصيف ج ارصفة- ماش ج  مشاة –

          الات المواصلات – مبنى ج مبانى – ضخم – قصر الرئاسة – الكهرباء – غرض ج أغراض –

         سجادة ج سجاجيد .

  • شعائرالدين – مقر للعبادة – الجامع – الفلك – مجانا – رسوم دراسية – عناية – قطعة أرض – مساحة – هكتارات – ساحة – دور – حنفيات – مخصصة – ساحة مكشوفة – قطر – تعمير المسجد – أهالي جاكرتا.

 

 

Instrumen penilaian kegiatan 2 (mengacu ke indikator pencapaian kompetensi 2 = C2)

 

 

ترجم الجملة الاتية !

  • الموافق العامة هي الوسائل التي تقوم بتوفيرها الحكومة أو غيرها للناس تسهيلا لممارسة أعمالهم.

فالتسهيلات الاجتماعية يتم توفيرها لمصالحهم الاجتماعية مثل المدارس والمشتشفيات ودور العبادة.

والتسهيلات العامة يتم توفيوها لمصالح الناس جميعا, مثل الشوارع والإنارة الكهربية .

 

v Instrumen penilaian kegiatan 3 (mengacu ke indikator pencapaian kompetensi 3 = C3)

  • قدموا فكررتم بلغتكم عن في المدينة !

 

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 131 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: